Pengembangan Training Kit Industri Berbasis Siemens LOGO! 8 Webservice Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah PLC Prodi Pendidikan Teknik Elektronika FT UNY

Pamungkas, Yuda (2020) Pengembangan Training Kit Industri Berbasis Siemens LOGO! 8 Webservice Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah PLC Prodi Pendidikan Teknik Elektronika FT UNY. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yuda Pamungkas 16502244003.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi otomatisasi pada masa modern ini banyak mengalami kemajuan pesat. Mata kuliah PLC di Prodi Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta merupakan mata kuliah yang mengakomodir materi otomatisasi sehingga memerlukan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi di era modern. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan rancang bangun, menguji dan menganalisis unjuk kerja, serta membuktikan tingkat kelayakan dari media pembelajaran yang telah dikembangkan.Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development dengan tahapan prosedur pengembangan meliputi: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, dan 9) revisi produk. Objekdalam penelitian ini adalah training kit industri menggunakan Siemens LOGO! 8 Webservicesebagai penunjang praktikum pada mata kuliah PLC. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi kuisoner dan wawancara dengan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu media pembelajaran PLC yang terdiri dari tiga bagian utama, yaitu: 1) input, 2) processdan 3) output. Hasil uji kelayakan yang dilakukan oleh peneliti, ahli materi, ahli media dan pengguna yaitu mahasiswa mendapatkan hasil kelayakan sebesar 96% untuk kinerja alat yang dilakukan oleh peneliti. Pengujian yang dilakukan oleh ahli materi mendapatkan persentase tingkat kelayakan sebesar 97,65% dengan kategori sangat layak. Pengujian yang dilakukan oleh ahli media mendapatkan persentase kelayakan sebesar 96,18% dengan kategori sangat layak, sedangkan pengujian yang dilakukan pada responden yaitu mahasiswa mendapatkan persentase tingkat kelayakan sebesar 89,59% dengan kategori sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, PLC, Siemens
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 21 Dec 2020 05:57
Last Modified: 21 Dec 2020 05:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69761

Actions (login required)

View Item View Item