PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STADUNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TAV PADA MATA PELAJARAN TPMMDI SMK MAARIF 1 WATES

Waedi, Ribut (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STADUNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TAV PADA MATA PELAJARAN TPMMDI SMK MAARIF 1 WATES. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ribut Waedi 14502241003.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajarmelalui penerapan model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division(STAD) pada mata pelajaran TPMM (Teknik Pemrograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler)siswa kelas X TAV SMK 1 Wates tahun ajaran 2019-2020.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model pembelajaranStudent Team Achievement Division. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XTAV semester genap tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 16siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan tiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Setiap akhir siklus dilakukan evaluasi hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes evaluasi hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptifkuantitatif, dan kualitatif.Hasil penelitan menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Divisiondapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Diperoleh rata-rata persentase padabaselinesebesar 23,95%, selanjutnya meningkat pada siklus Imenjadi40,66% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 65,43%; (2) Pada presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dengan baselinesebesar 25%dengan rata-rata sebesar 66,25 kemudian pada siklus I sebesar 81,25% dengan rata-ratasebesar 83,12meningkat pada siklus II dengan presentase ketuntasan hasil belajar sebesar 100% dengan rata-rata sebesar 83,43. Pada hasil belajar ranah psikomotorik diperoleh rata-rata presentase baselinesebesar 52,88% kemudian pada siklus I sebesar 60,98% dan siklus II meningkat menjadi 86,13%. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diketahui dari post-testyang dilaksanakan disetiap akhir siklus.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: STAD, Keaktifan, Pembelajaran,Model Pembelajaran,Hasil Belajar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 21 Dec 2020 04:55
Last Modified: 21 Dec 2020 04:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69760

Actions (login required)

View Item View Item