PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNINGSECARA DARING UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MAPEL DLE KELAS X TAV SMK N 1 PUNDONG

Utami, Medha Tamaya (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNINGSECARA DARING UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MAPEL DLE KELAS X TAV SMK N 1 PUNDONG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Medha Tamaya Utami 16502241010.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Menurut Hasil Observasi dan wawancara dengan guru pengampu pada saat proses pembelajaran berlangsung keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X TAV B SMK N 1 Pundong masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Meningkatan keaktifan siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika (DLE) setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas X TAV B SMK N 1 Pundong. (2) Meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika (DLE) setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas X TAV B SMK N 1 Pundong kabupaten Bantul.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis danMc.Taggart. subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TAV B semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah 34 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan setiapsiklusnya terdapat dua kali pertemuan. Teknik pengumpulandata padapenelitian ini menggunakan observasi, soal post test, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika (DLE) dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa kelas X TAV B SMK N 1 Pundong. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan keaktifan siswa, pada pra siklus rata-rata presentase keaktifan siswa yaitu 67,41%. Pada siklus I rata-rata presentase keaktifan siswa yaitu 71,81% dan pada siklus II rata-rata presentase keaktifan siswa yaitu 77,44%. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, pada pra siklus ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 47,05%.pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 67,64% dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 76,47%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Dasar Listrik dan Elektronika (DLE), Keaktifan Siswa, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 21 Dec 2020 04:47
Last Modified: 21 Dec 2020 04:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69756

Actions (login required)

View Item View Item