engembangan pop-up book pendidikan seks untuk anak sekolah dasar negeri kelas rendah di Kecamatan Tumijajar, Lampung.

Maharani, Luluk Nandya and Sanyata, Sigit (2020) engembangan pop-up book pendidikan seks untuk anak sekolah dasar negeri kelas rendah di Kecamatan Tumijajar, Lampung. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-luluk nandya maharani-17713251031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45MB)

Abstract

ujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan desain pop-up book berbasis pendidikan seks untuk anak SD Negeri Kelas Rendah di Kecamatan Tumijajar, Lampung. (2) Menghasilkan sebuah media yang layak digunakan untuk pembelajaran pendidikan seks anak SD kelas rendah. (3) Mendapatka hasil media yang efektif untuk pembelajaran pendidikan seks anak SD kelas rendah. Penelitian ini menggunakan metode Research And Development (R&D) mengadopsi Borg and Gall. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam proses pengembangan produk menurut Borg and Gall adalah harus melewati beberapa langkah, yaitu (1) penelitian dan pengembangan informasi, (2) perencanaan, (3) mengembangkan produk awal, (4) pengujian lapangan awal, (5) revisi, (6) uji coba lapangan utama, (7) revisi, (8) uji lapangan operasional, (9) revisi produk akhir, (10) desiminasi dan implementasi. Subjek pada penelitian ini adalah 46 guru SDN di Kecamatan Tumijajar, dan 21 orang siswa pada saat uji efektivitas. Teknik analisis data yang dilakukan adalah data deskriptif kuantitaif ini digunakan untuk mengetahui kelayakan pop-up book berdasarkan validasi ahli media, ahli materi, dan ahli layanan BK, serta penilaian oleh guru atau praktisi pada uji coba lapangan awal dan uji coba lapangan terbatas dan untuk uji efektivitas menggunakan statistik parametrik (Uji-t). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) desian pop-up book baik digunakan sebagai media penyampaian pendidikan seks pada siswa sekolah dasar negeri kelas rendah di Kecamatan Tumijajar, Lampung, (2) pop-up book dikatakan layak untuk digunakan dengan perolehan nilai pada uji coba lapangan awal yaitu sebesar 80,70 hasil yang didapatkan masuk dalam kategori baik. Kemudian pada uji coba lapangan utama setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil sebesar 88, 14 berdasarkan nilai yang didapat tersebut memasuki kategori yang sangat baik, dan pada uji coba lapangan operasional tentang pop-up book sebagai media pendidikan seks dalam penelitian memperoleh nilai 88,66 yang mana nilai tersebut masuk dalam kategori sangat baik, (3) Hasil uji efektivitas mengungkapkan bahwa sig 0,000< 0,05 dengan rerata nilai postest 15,38 lebih tinggi dibandingKan dengan pretest 10,24, berdasarkan hasil tersebut dapat maka dapat dikatakan bahwa media pop-up book memiliki keefektifitasan ataupun peningkatan dalam penggunaannya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pop-up Book, Pendidikan Seks, SDN kelas Bawah, Kecamatan Tumijajar, Lampung.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan
Pendidikan > Konseling
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Dec 2020 03:30
Last Modified: 08 Nov 2021 04:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69751

Actions (login required)

View Item View Item