Pengembangan Modul Elektronik Untuk Meningkatkan Self- Efficacy Pada Siswa SMP Negeri 1 Piyungan.

Jamal, Jurana and Sanyata, Sigit (2020) Pengembangan Modul Elektronik Untuk Meningkatkan Self- Efficacy Pada Siswa SMP Negeri 1 Piyungan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-jurana jamal-18713251024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah: (1) Untuk Menghasilkan modul elektronik dalam meningkatkan self-efficacy siswa (2) Untuk mengetahui kelayakan modul elektronik dalam meningkatkan self-efficacy siswa (3) Untuk mengetahui efektivitas modul elektronik dalam meningkatkan self-efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) Borg and Gall dengan 10 tahap pengembangan diantaranya: (1) Studi pendahuluan atau pengumpulan informasi, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan desain awal, (4) Uji coba awal, (5) Revisi produk I, (6) Uji coba utama, (7) Revisi produk II, (8) Uji operasional, (9) Revisi produk akhir, (10) Diseminasi dan implementasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Piyungan. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 6 siswa pada uji coba awal, 20 siswa uji coba utama, 50 siswa uji operasional dan 20 siswa uji efektivitas kelas eksperimen, dengan teknik pengambilan sampel berupa sampling aksidental. Teknik pengumpulan data berupa angket self-efficacy dan dokumentasi, nilai validitas dari 34 butir >0,202 dan nilai reliabilitas sebesar 0,896. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji paired sample t-test yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat dengan uji normalitas Shapiro Wilk dan uji homogenitas. Hasil uji validitas materi dalam ketegori sangat layak, ahli media dengan dengan kategori layak, uji lapangan awal kategori sangat layak, uji lapangan utama dalam kategori sangat layak, dan uji lapangan operasional masuk dalam kategori sangat layak. Data berdistribusi normal dengan nilai p>0,05. Data homogen dengan perolehan nilai 0,169. Uji efektivitas produk diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 yang berarti ada perbedaan sebelum dan setelah perlakuan. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul elektronik dengan materi layanan cara meningkatkan self-efficacy, dinyatakan layak dan efektif untuk meningkatkan self-efficacy siswa di SMP Negeri 1 Piyungan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: modul elektronik, self-efficacy.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan
Pendidikan > Konseling
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Dec 2020 02:38
Last Modified: 08 Nov 2021 04:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69749

Actions (login required)

View Item View Item