Kurniasari, Indah and Farozin, Moh (2020) Pengembangan Materi Bimbingan Klasikal Bidang Karier Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri Kota Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.
Text
tesis-indah kurniasari-17713251024.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menguji kelayakan materi bimbingan klasikal bidang karier pada siswa kelas VII di SMP Negeri Kota Yogyakarta berdasarkan hasil validasi dari ahli materi dan praktisi dalam bidang bimbingan dan konseling. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model penelitian Dick & Carey dengan tahapan sebagai berikut: identifikasi tujuan pembelajaran, analisis pembelajaran, identifikasi karakteristik siswa,merumuskan tujuan khusus, pengembangan instrument penilaian, pengembangan strategi pembelajaran, pengembangan dan pemilihan bahan ajar, perancangan pelaksanaan evaluasi formatif, revisi serta menghasilkan produk akhir Pengembangan produk dalam penelitian ini didasari oleh hasil analisis kebutuhan menggunakan instrument need assessment topik bimbingan dan konseling bidang karier yang disebarkan kepada 353 peserta didik kelas VII di SMP Negeri Kota Yogyakarta. Topik tertinggi berdasarkan hasil analisis instrument yakni memahami kemampuan diri dalam pilihan karier dikembangkan menjadi lima topik layanan dan dijadikan produk materi bimbingan klasikal bidang karier. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yakni menggunakan angket lembar penilaian untuk ahli materi dan praktisi. Subyek validasi terdiri dari dua ahli materi dalam bidang bimbingan dan konseling karier dan tujuh praktisi yakni Guru Bimbingan dan Konseling kelas VII di SMP Negeri Kota Yogyakarta. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif untuk mengetahui kelayakan produk. Penelitian ini menghasilkan produk berupa materi bimbingan klasikal bidang karier yang dikemas dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) dengan rincian materi sebagai berikut: memahami minat dan pilihan karier, memahami bakat dan pilihan karier, memahami kemampuan akademik dan pilihan karier, memahami sifat dan pilihan karier, serta memahami sikap dan pilihan karier. Hasil uji kelayakan penelitian pengembangan ini adalah materi bimbingan klasikal bidang karier pada siswa kelas VII di SMP Negeri Kota Yogyakarta mendapat hasil validasi oleh dua ahli materi sebesar 80%, berdasarkan kriteria yang diterapkan termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil validasi praktisi oleh tujuh guru Bimbingan dan Konseling mendapatkan skor rata-rata penilaian sebesar 93% dan termasuk dalam kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa materi bimbingan klasikal bidang karier pada siswa kelas VII di SMP Negeri Kota Yogyakarta layak digunakan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | materi bimbingan klasikal, bidang karier, siswa kelas VII SMP |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan Pendidikan > Konseling |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 21 Dec 2020 02:33 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 04:13 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69748 |
Actions (login required)
View Item |