Pengembangan Materi Bimbingan Klasikal Bidang Belajar pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri Kota Yogyakarta.

Ariyati, Ika and Astuti, Budi (2020) Pengembangan Materi Bimbingan Klasikal Bidang Belajar pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri Kota Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-ika ariyati-17713251018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan materi bimbingan klasikal bidang belajar sesuai dengan kebutuhan peserta didik kelas VIII SMP Negeri Kota Yogyakarta dan untuk mengetahui kelayakan materi bimbingan klasikal yang dihasilkan tersebut menurut ahli materi dan praktisi bimbingan dan konseling. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg dan Gall yang dicukupkan sampai pada tahap ke-tujuh. Penelitian melibatkan 358 peserta didik kelas VIII dari 16 SMP negeri di Kota Yogyakarta. Penilaian kelayakan produk yang dikembangkan melibatkan dua ahli materi dan lima praktisi. Subjek ujicoba terdiri dari 10 guru bimbingan dan konseling SMP negeri Kota Yogyakarta dengan kriteria tertentu. Analisis kebutuhan menggunakan needs assessment topik bimbingan dan konseling bidang belajar. Instrumen pengumpulan data adalah lembar validasi dan angket respon untuk guru bimbingan dan konseling. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menghasilkan 10 materi bimbingan klasikal bidang belajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik kelas VIII SMP negeri Kota Yogyakarta. Materi tersebut memenuhi kriteria sesuai dengan hasil validasi ahli materi, praktisi serta ujicoba terbatas kepada 10 guru bimbingan dan konseling. Penilaian produk oleh dua ahli bimbingan dan konseling menghasilkan skor rata- rata 93,72% dan masuk pada kategori sangat baik. Penilaian oleh lima praktisi memproleh skor rata- rata 91,95% yang termasuk pada kategori sangat baik. Respon 10 guru bimbingan dan konseling terhadap materi tersebut memperolah skor rata- rata 97,76% yang masuk pada kategori sangat baik. Berdasarkan dua hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa materi bimbingan klasikal yang dihasilkan tersebut layak digunakan sebagai sistem pendukung dalam layanan bimbingan klasikal.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: bidang belajar, materi bimbingan klasikal, peserta didik
Subjects: Pendidikan > Bimbingan
Pendidikan > Konseling
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Dec 2020 02:25
Last Modified: 08 Nov 2021 04:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69747

Actions (login required)

View Item View Item