Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Sosio-drama terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri dan Perilaku Prososial Siswa Kelas X SMK N 1 Panjatan.

Saputra, Edy Cahya and Suwarjo, Suwarjo (2020) Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Sosio-drama terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri dan Perilaku Prososial Siswa Kelas X SMK N 1 Panjatan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-edy cahya saputra-17713251002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik sosio-drama terhadap: (1) rasa percaya diri siswa, dan(2) Perilaku prososial siswa.Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Panjatan. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-postest, nonequivalent control group design. Sampel penelitian ditetapkan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala psikologis rasa percaya diri siswa dan skala psikologis Perilaku prososial siswa. Skala psikologis yang digunakan sudah diuji validitasnya dengan uji judgment expert serta telah diuji reliabilitasnya menggunakan aplikasi SPSS. Skala psikologis rasa percayadiri siswa reliabel karena memiliki rhitung (0,911) > rtabel (0,329). Begitu pula dengan skala psikologis Perilaku prososial siswa reliabel karena memiliki rhitung (0,931) > rtabel (0,329). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji independent sample t test.Hasil analisis uji independent sample t test terhadap hasil skor rasa percaya diri siswa menunjukkan dengan thitung sebesar 5,301, nilai ini lebih besar dari ttabel (1,699). Hasil uji independent sample t test terhadap skor variable Perilaku prososial siswa menunjukkan nilai thitung sebesar 2,175, nilai ini lebih besar dari ttabel (1,699). Jadi, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik socio-drama efektif dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa dan Perilaku prososial siswa. Guru BK disarankan untuk menerapkan layanan bimbingan kelompok teknik socio-drama di awal semester agar mencegah rendahnya rasa percaya diri siswa dan Perilaku prososial siswa, dan sekolah disarankan untuk menyiapkan tempat yang bisa digunakan untuk siswa lebih leluasa dalam memerankan socio-drama

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: layanan bimbingan kelompok, rasa percaya diri, Perilaku prososial, sosio-drama
Subjects: Pendidikan > Bimbingan
Pendidikan > Konseling
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Dec 2020 06:10
Last Modified: 20 Oct 2022 04:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69736

Actions (login required)

View Item View Item