MODEL PROGRAM LATIHAN PLYOMETRIC PERMUKAAN MATRAS DAN PASIR UNTUK MENINGKATKAN EKSPLOSIF POWER TUNGKAI DAN KECEPATAN PADA CABANG OLAHRAGA BELADIRI KEMPO

Riadi, Bagus (2020) MODEL PROGRAM LATIHAN PLYOMETRIC PERMUKAAN MATRAS DAN PASIR UNTUK MENINGKATKAN EKSPLOSIF POWER TUNGKAI DAN KECEPATAN PADA CABANG OLAHRAGA BELADIRI KEMPO. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_bagus riadi_18711251052.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model program latihan plyometric permukaan matras dan pasir untuk meningkatan eksplosif power tungkai dan kecepatan pada cabang olahraga bela diri kempo. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Prosedur pengembangan meliputi: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) mengembangkan produk awal, (4) validasi ahli dan revisi, (5) draf produk model, (6) uji konseptual pengguna. Subjek sampel pengguna sebanyak 20 orang pelatih dan 20 orang atlet aktif yang bertindak sebagai subjek uji coba konseptual yang ada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner tertutup yang dibagikan kepada responden. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur dengan aplikasi SmartPLS versi 3.3.2. Produk akhir berupa panduan dalam bentuk draf model program latihan plyometric permukaan matras dan pasir untuk meningkatkan power dan kecepatan. Hasil dari uji konseptual pengguna melalui kuisioner tertutup menunjukkan bahwa validitas dan reliabilitas dipenuhi lebih dari 0.7. Analisis data menunjukkan bahwa dapat dideskripsikan sebagai berikut: (1) Terdapat hasil positif yang signifikan dari variabel kecocokan. (2) Terdapat hasil positif yang signifikan dari variabel keamanan. Model program latihan plyometric yang disajikan sesuai dengan standar kemanan untuk atlet beladiri kempo. (3) Terdapat hasil positif yang signifikan dari variabel kebermanfaatan. Model program latihan plyometric yang disajikan memiliki manfaat bagi pelatih dan atlet.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Endang Rini Sukamti, M.S.
Uncontrolled Keywords: kempo
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Dec 2020 07:41
Last Modified: 05 Jan 2021 03:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69728

Actions (login required)

View Item View Item