Pengembangan Permainan Simulasi Berbasis Aplikasi untuk Meningkatkan Kematangan Karir Peserta Didik Kelas X SMA Negeri di Solo.

Saputro, Billdy and Suwarjo, Suwarjo (2020) Pengembangan Permainan Simulasi Berbasis Aplikasi untuk Meningkatkan Kematangan Karir Peserta Didik Kelas X SMA Negeri di Solo. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-billdy saputro-17713251009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Telepon pintar seyogyanya dipergunakan dalam membantu aktivitas individu, namun tidak dipungkiri jika mereka menggunakannya sebagai perangkat penghibur diri hingga mengalami kecanduan. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk permainan simulasi berbasis aplikasi yang layak dan dapat meningkatkan kematangan karir peserta didik, serta selaras dengan perkembangan di era disruptif dimana perkembangan karir berbantuan teknologi berada dalam genggaman setiap individu. Penelitian ini merupakan research and development yang menggunakan model Borg and Gall. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu random sampling dengan jumlah 426 peserta didik yang terbagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen sama besar. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa skala kematangan karir, yang telah diuji-cobakan dan dikategorikan valid dan reliabel sebesar 0,834. Teknik analisis data yang digunakan pada uji lapangan terbatas yaitu uji paired sample t-test dan sebelumnya dilakukan uji prasyarat dengan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas. Hasil uji validitas ahli menunjukkan skor sebesar 0,87 (sangat tinggi) berdasarkan klasifikasi Guilford dan hasil uji kelompok kecil menunjukkan skor 0,78 (tinggi) berdasarkan klasifikasi Guilford. Hasil uji prasyarat yaitu uji normalitas Kolmogorov-Smirnov pada sampel menunjukkan skor 0.722 yang berarti data berdistribusi normal, sedangkan pada uji homogenitas pada sampel menunjukkan skor 0,842 yang artinya varians data dari dua kelompok populasi (kontrol-eksperimen) adalah sama (homogen). Pada uji paired sample t-test dilakukan perbandingan baik pada pretest-posttest tiap kelompok maupun antar kelompok, yang menghasilkan perbedaan yang signifikan sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan antara sebelum pemberian tindakan dan setelah tindakan. Dengan demikian, hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa permainan simulasi berbasis aplikasi dikatakan layak dan dapat meningkatkan kematangan karir peserta didik. Saran bagi konselor yaitu dapat menggunakan aplikasi yang dikembangkan dalam memberikan layanan informasi karir.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: aplikasi, kematangan karir, permainan simulasi
Subjects: Pendidikan > Bimbingan
Pendidikan > Konseling
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Dec 2020 05:03
Last Modified: 08 Nov 2021 04:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69725

Actions (login required)

View Item View Item