Pengembangan Panduan Permainan Simulasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa SMP di Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Putra, Bela Janare and Astuti, Budi (2020) Pengembangan Panduan Permainan Simulasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa SMP di Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-bela janare putra-18713251016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah: (1) untuk menghasilkan produk buku panduan permainan simulasi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi intepersonal siswa SMP dan (2) untuk menghasilkan sebuah produk buku panduan permainan simulasi yang layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi intepersonal siswa SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D) Borg and Gall yang meliputi: penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi atau studi pendahuluan, merencanakan kegiatan yang akan dilakukan, melakukan pengembangan draft produk awal, uji coba produk tahap awal, merevisi hasil uji coba lapangan awal, uji coba lapangan Utama, revisi uji coba lapangan utama, dan produk akhir. Studi pendahuluan dilaksanakan dengan menyebarkan skala kemampuan komunikasi interpersonal kepada 30 siswa dan wawancara kepada 3 guru bimbingan dan konseling SMP di Kecamatan Piyungan. Subjek pada penelitian ini adalah 10 guru bimbingan dan konseling SMP se-Kecamatan Piyungan. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif menggunakan penilaian oleh ahli media, ahli materi dan praktisi atau guru bimbingan dan konseling dan kualitatif untuk mengetahui kelayakan buku panduan berdasarkan validasi ahli media, ahli materi, dan praktisi atau guru bimbingan dan konseling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) buku panduan dibuat dengan berwarna, ukuran kertas A4, jenis kertas art paper 120 gram, cover menggunakan jenis hard cover, dan memiliki gambar ilustrasi flat character design, serta dibuat berdasarkan empat aspek komunikasi interpersonal menurut Devito. (2) Buku panduan permainan simulasi sangat layak untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa SMP karena memperoleh nilai sebagai berikut: ahli media diperoleh nilai 98,86 dikategorikan kelayakan “sangat baik atau sangat layak”, ahli materi diperoleh nilai 75 dikategorikan kelayakan “baik atau layak”, uji coba lapangan awal diperoleh nilai 78,86 didkategorikan kelayakan “sangat baik atau sangat layak”, dan uji coba lapangan utama diperoleh nilai 81,25 dikategorikan kelayakan “sangat baik atau sangat layak”. Berdasarkan hasil yang didapat dari ahli media, ahli materi, dan guru bimbingan dan konseling maka dapat dikatakan bahwa produk buku panduan permainan simulasi “sangat layak” untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa SMP.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku panduan, permainan simulasi, komunikasi interpersonal
Subjects: Pendidikan > Bimbingan
Pendidikan > Konseling
Divisions: Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Dec 2020 04:25
Last Modified: 08 Nov 2021 04:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69724

Actions (login required)

View Item View Item