Pengembangan Model Permainan Pengenalan Air Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Akuatik Anak Tunagrahita Kelas III

Saputra, Nanang Novi (2020) Pengembangan Model Permainan Pengenalan Air Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Akuatik Anak Tunagrahita Kelas III. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_nanang novi saputra, s.or._15711251027.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model permainan pengenalan air untuk meningkatkan hasil belajar materi akuatik anak tunagrahita kelas III. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model deskriptif prosedural yang menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Pengembangan model permainan pengenalan air untuk meningkatkan hasil belajar materi akuatik anak tunagrahita kelas III ini dilakukan 9 langkah yaitu: 1) Studi Pendahuluan, 2) Desain Draf Awal, 3) Validasi Draf Awal, 4) Uji Coba Skala Keceil, 5) Revisi Produk, 6) Uji Coba Skala Besar, 7) Revisi Produk, 8) Pembuatan Produk Akhir, 9) Uji Efektivitas Produk.Subjek penelitian dan pengembangan ini adalah ahli materi, guru dan siswa tunagrahita kelas III di SLB Negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta (SLB Negeri 2 Bantul, SLB Negeri 1 Yogyakarta, SLB Negeri 1 Sleman, dan SLB Negeri 1 Gunung Kidul). Data dikumpulkan melalui angket dan data observasi. Data berupa hasil penilaian mengenai produk, saran untuk perbaikan produk serta data kualitatif digunakan untuk merevisi produk. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan: uji normalitas jarque beradan uji paired sample t test. Hasil pengembangan produk berupa 4 jenis permainan pengenalan air untuk anak tunagrahita ringan yaitu: 1) Permainan Lele-Nila, 2) Permainan Bola Warna, 3) Permainan Mencari Harta Karun dan 4) Permainan Lempar Ranjau. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan dalam hasil penilaian aspek keterampilan dengan mean (pretest= 14,00, postest= 17,25) dan hasil uji-t didapatkan p 0.032<0.05, aspek sikap dengan mean (pretest= 48,00, postest= 54,50) dan hasil uji-t didapatkan p 0.039<0.05, dan aspek pengetahuan dengan mean (pretest= 48,50, postest= 54,75) dan hasil uji-t didapatkan. p 0.015<0.05. Dapat disimpulkan bahwa model permainan pengenalan air ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar materi akuatik anak tunagrahita kelas III.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Sumaryanti, M.S.
Uncontrolled Keywords: olahraga air, tunagrahita
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Dec 2020 02:45
Last Modified: 17 Dec 2020 02:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69721

Actions (login required)

View Item View Item