PENGARUH MUSIK TERHADAP KONSENTRASI TENDANGAN SABIT PADA LATIHAN PENCAK SILAT EKSTRAKULIKULER TAPAK SUCI SMP MUHAMMADIYAH 11 KEDAWUNG SRAGEN

Saputra, Setyoko Aji (2020) PENGARUH MUSIK TERHADAP KONSENTRASI TENDANGAN SABIT PADA LATIHAN PENCAK SILAT EKSTRAKULIKULER TAPAK SUCI SMP MUHAMMADIYAH 11 KEDAWUNG SRAGEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_setyoko aji saputra_16602241017.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tendangan sabit merupakan salah satu teknik yang dominan digunakan untuk mendapatkan poin dalam pertandingan pencak silat Siswa membutuhkan konsentrasi tinggi agar dapat melakukan tendengan sabit yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh musik terhadap konsentrasi tendangan sabit ekstrakulikuler Tapak Suci SMP Muhammadiyah 11 Kedawung Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttes Design. Sampel dalam peneitian ini berjumlah 20 orang siswa yang merupakan siswa ekstrakulikuler Tapak Suci SMP Muhammadiyah 11 Kedawung Sragen. Pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Populasi yang ada seluruhnya digunakan sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa musik memberikan pengaruh signifikan terhadap konsentrasi tendangan sabit siswa ekstrakulikuler Tapak Suci SMP 11 Kedawung Sragen. Hal ini terbukti dari hasil uji t dari Sampel A yang menunjukkan nilai 0,000< 0,05. Uji t dari Sampel A lebih kecil daripada Sampel B yang mendapatkan nilai 0.005, sehingga Sampel A memiliki adanya pengaruh positif mendengarkan musik instrumental khususnya musik Mozart sebelum latihan dapat meningkatkan konsentrasi siswa. Pengaruh musik terhadap konsetrasi.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Drs. Agung Nugroho AM, M.Si.
Uncontrolled Keywords: pencak silat
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 15 Dec 2020 03:09
Last Modified: 15 Dec 2020 03:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69708

Actions (login required)

View Item View Item