EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMA NEGERI 10 PURWOREJO

Bakhtiar, Fikri (2020) EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMA NEGERI 10 PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_fikri bakhtiar_15601241013.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Evaluasi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMA Negeri 10 masih belum diketahui, dimana keberhasilan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler olahraga salah satunya ditentukan oleh fungsi manajemen dan beberapa pembina atau pelatih masih belum menjalankan fungsi manajemen dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler olahraga. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMA Negeri 10 Purworejo, sehingga diperoleh gambaran tentang evaluasi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler olahraga dan sebagai gambaran bagi sekolah untuk meningkatkan evaluasi pelaksanaan ekstrakurikuler olahraga.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah pembina atau pelatih kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMA Negeri10 Purworejo, yang berjumlah 6 orang dan pengambilan data dilaksanakan pada bulan Juli 2020. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan instrumen yang telah dikembangkan oleh Dias Rendra Sosyanto yang telah melalui tahapan validasi ahli. Dengan demikian instrumen penelitian ini dianggap valid dan reliabel.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMA Negeri 10 Purworejo adalah rendah. Secara rincidapat dipaparkan tiap fungsinya,pada fungsi planning masuk dalam kategori sedang sebesar 50%, organizing masuk dalam kategori sedang sebesar 50%, staffing masuk dalam kategori sedang sebesar 50%, directing masuk dalam kategori rendah sebesar 50% dan controlling juga masuk dalam kategori rendah sebesar 17% dan sangat rendah 33%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMA Negeri 10 Purworejo secara keseluruhan memperoleh kategori rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Drs. Ngatman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: ekstrakurikuler, olahraga
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Dec 2020 08:06
Last Modified: 05 Jan 2021 03:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69705

Actions (login required)

View Item View Item