HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN KEMAMPUAN MOTORIK TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BAWAH PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI SMA NEGERI 1 SEDAYU

Aswanto, Garin Herjuno (2021) HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN KEMAMPUAN MOTORIK TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BAWAH PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI SMA NEGERI 1 SEDAYU. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_garin herjuno aswanto_17601244056.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya (1) hubungan antara minat terhadap kemampuan passing bawah; (2) hubungan kemampuan motorik terhadap kemampuan passing bawah; (3) hubungan antara minat dan kemampuan motorik terhadap kemampuan passing bawah. Jenis penelitian ini adalah korelasioanal. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Subjek dari penelitian ini adalah 14 siswa SMA Negeri 1 Sedayu yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Analisis data menggunakan analisis korelasi. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Ada hubungan yang signifikan antara minat terhadap kemampuan passing bawah pada siswa peserta ektrakurikuler bola voli di SMP N 1 Sedayu, dengan nilai 0,006 < 0,05 dan korelasi 0,692 yang berarti memiliki korelasi positif atau searah; 2) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan motorik dengan kemampuan passing bawah yaitu 0,042 < 0,05 dan korelasi sebesar 0,549 artinya hubungan kedua vaiabel tersebut dapat dikatakan kuat dan memiliki arah korelasi positif atau searah; 3) Ada hubungan antara variabel minat dan kemampuan motorik dengan kemampuan passing bawah yaitu Fhitung > F-tabel dengan tingkat signifikan 0,027 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima berarti ada hubungan antara variabel minat dan kemampuan motorik dengan kemampuan passing bawah secara simultan.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Jaka Sunardi, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: minat, kemampuan motorik dan passing bawah
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Oct 2021 04:29
Last Modified: 25 Oct 2021 04:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69700

Actions (login required)

View Item View Item