PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN MELALUI METODEBLENDED LEARNING

Yenni Suzana, M.Pd. (2011) PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN MELALUI METODEBLENDED LEARNING. Peran ICT untuk Mendukung Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika. ISSN 978-979-17763-3-2

[img]
Preview
Text
Makalah Peserta 6 - Yenni Suzana, M.Pd..pdf

Download (544kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Bangsa Indonesia saat ini sedang mengalami krisis moral. Hal ini tampak dari pribadi-pribadi intelektualitas yang tidak memiliki etos kerja yang baik secara moral, misalkan saja semakin cerdas seseorang maka semakin itu pula ia berdusta. Berbagai bentuk penyimpangan; korupsi, tidak jujur, justru dilakukan oleh orang yang mempunyai kapasitas intelektual yang tinggi, bahkan tidak tertutup kemungkinan dikalangan edukatif sekalipun. Moralitas adalah azas utama dari karakter manusia yang merupakan keseluruhan sifat yang mencakup perilaku, kebiasaan, kesukaan, kemampuan, bakat, potensi, nilai-nilai, dan pola pikir yang dimiliki oleh manusia. Sementara itu nilai-nilai karakter adalah iman, takwa, berahlak mulia, berilmu, jujur, disiplin, demokratis, adil, bertanggung jawab, cinta tanah air, mandiri, kreatif, sehat, gotong royong, menghargai, cakap, orientasi pada keunggulan. Dalam proses pembelajaran seorang dosen dituntut memiliki keterampilan dalam menyampaikan materi yang diajarkan juga ketrampilan menanamkan nilai-nilai karakter kepada mahasiswa. Hal ini sesuai dengan Kepmendiknas No. 45/U/2002 yang dituangkan dalam kurikulum berbasis kompetensi pada perguruan tinggi tentang keberhasilan pembelajaran yang tidak hanya semata-mata terfokus pada ilmu dan ketrampilan yang dipilih oleh seorang mahasiswa namun juga didukung dengan pengembangan kepribadian, prilaku, berkehidupan bersama. Proses pembelajaran saat ini lebih cenderung menggunakan/memanfaatkan media teknologi untuk memudahkan akses informasi dan komunikasi dengan cepat. Di antara strategi pembelajaran yang memanfaatkan bermacam metode dan teknologi informasiadalah Blended Learning. Adapun tujuan penulisan makalah ini mengangkat isu pentingnya pengembangan nilai-nilai karakter mahasiswa dalam pembelajaran yang menggunakan media teknologi. Kata Kunci: Nilai-nilai karakter, metode blended learning

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > LSM XIX
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi Setyana
Date Deposited: 30 Oct 2012 01:01
Last Modified: 30 Oct 2012 01:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6970

Actions (login required)

View Item View Item