PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIIF DI SMP NEGERI 2 IMOGIRI

Rosalia Hera Rahayuningrum, S.Pd (2011) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIIF DI SMP NEGERI 2 IMOGIRI. Peran ICT untuk Mendukung Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika. ISSN 978-979-17763-3-2

[img]
Preview
Text
Makalah Peserta 5 - Rosalia Hera Rahayuningrum, S.Pd.pdf

Download (746kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Keberhasilan suatu proses pembelajaran dapat diketahui dari tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah dengan menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif berbantuan komputer. Pembelajaran multimedia interaktif adalah proses pembelajaran menggunakan media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media, terdiri dari teks, grafis, gambar, foto, audio, video dan animasi secara terintegrasi, dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Pembelajaran multimedia berguna untuk menyalurkan pesan serta dapat merangsang pikiran, perasan, perhatian dan kemauan belajar sehingga secara sengaja proses belajar terjadi, bertujuan dan terkendali. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menciptakan pembelajaran matematika yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan dengan menggunakan pembelajaran multimedia interaktif berbantuan komputer sehingga dapat meningkatkan meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan memecahkan masalah matematika siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dua pertemuan. Setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi tindakan. Tindakan setiap siklus dilakukan dengan cara menyampaikan tujuan pembelajaran, memotivasi siswa, pemberian informasi, siswa berinteraksi belajar menggunakan CD pembelajaran multimedia interaktif berbantuan komputer pada materi perbandingan, siswa mengerjakan LKS dan soal pemecahan masalah, serta diadakan tes setiap akhir siklus. Kesimpulan yang diperoleh setelah penelitian sebagai berikut: (1) Respons motivasi belajar siswa terhadap penggunaan multimedia sebesar 73.64 % dengan kriteria baik, (2) Kemampuan memecahkan masalah matematika siswa semakin meningkat, hal ini terlihat dari nilai rata-rata pre-tes = 44.81, tes siklus I = 55,19, dan tes siklus II = 64.42, dan post- test = 76.92. Kata kunci: multimedia interaktif, meningkatkan motivasi, kemampuan memecahkan masalah matematika

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > LSM XIX
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 30 Oct 2012 01:01
Last Modified: 30 Oct 2012 01:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6969

Actions (login required)

View Item View Item