UPAYA GURU DALAM MENGAKOMODASI GAYA BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 2 PESAREN SUKOREJO KENDAL TAHUN AJARAN 2019/2020

Nisak, Choirun (2020) UPAYA GURU DALAM MENGAKOMODASI GAYA BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 2 PESAREN SUKOREJO KENDAL TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Choirun Nisak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengakomodasi gaya belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD N 2 Pesaren. Aspek yang diteliti meliputi upaya guru dalam mengakomodasi gaya belajar visual, gaya belajar auditori, dan gaya belajar kinestetik yang dilaksanakan oleh guru Kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini guru dan siswa kelas IV SD N 2 Pesaren. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknis analisis data Miles dan Huberman. Uji keabsahan menggunakan uji kredibilitas dengan melakukan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam mengakomodasi gaya belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV dengan menerapkan perlakukan gaya belajar visual, auditori dan kinestetik pada setiap kegiatan pembelajaran matematika. Gaya belajar visual guru menggunakan media visual, nemyampaikan materi dengan tenang, menggunakan gerakan dan mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari, menggunakan gambar dalam pembelajaran. Gaya belajar auditori dengan variasi vokal, meminta siswa mengulangi materi, melibatkan siswa dalam kegiatan diskusi, mendorong siswa membaca materi maupun tugas. Gaya belajar kinestetik dengan menyampaikan materi secara runtut, mendorong siswa bergerak aktif selama pembelajaran, pembelajaran dilakukan selama 2 jam dan diselingi dengan aktivitas lainnya, serta memberikan kelonggaran waktu mengumpulkan tugas selama pembelajaran daring. Kata kunci : upaya guru, gaya belajar, matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 10 Dec 2020 07:48
Last Modified: 10 Dec 2020 07:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69686

Actions (login required)

View Item View Item