PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN IPA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS SISWA KELAS IV SD NEGERI NGEBUNG BERAN

Masruroh, Khonsa‟ Iftinan (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN IPA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS SISWA KELAS IV SD NEGERI NGEBUNG BERAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Khonsa IM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI berbasis pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik bermuatan IPA terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas IV SD Negeri Ngebung Beran. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan adalah quasi experimental design, dengan bentuk nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa SD Ngebung Beran kelas IV A dan B. Kelas IV A (23 siswa) sebagai kelas kontrol, dan kelas IV B (22 siswa) sebagai kelas eksperimen. Kelompok eksperimen diberi perlakuan dengan model SAVI berbasis pendekatan saintifik, sedangkan kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional (ceramah bervariasi). Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu observasi, tes dan studi dokumen. Instrumen penelitian berupa tes kemampan berpikir analitis, lembar observasi, dan dokumen hasil belajar. Validasi instrumen dilakukan melalui expert judgement. Data hasil penelitian disajikan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, yaitu dengan uji beda mean hasil posttest, serta dengan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa perhitungan nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen yaitu 71,09, berada pada kategori hasil belajar cukup. Lebih tinggi satu tingkat dari nilai rata-rata posttest kelompok kontrol yaitu 64,69, berada pada kategori hasil belajar kurang. Didukung dari hasil uji N-Gain kelompok eksperimen lebih besar dari pada kelompok kontrol yaitu sebesar 0,33>0,17. Berdasarkan hasil tersebut dapat diartikan bahwa kelompok eksperimen memiliki perubahan lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh model SAVI berbasis pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik bermuatan IPA terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas IV SD Negeri Ngebung Beran. Kata kunci: model SAVI berbasis pendekatan saintifik, kemampuan berpikir analitis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Dec 2020 05:23
Last Modified: 04 Dec 2020 05:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69671

Actions (login required)

View Item View Item