PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN GIRIMULYO KABUPATEN KULON PROGO

Litalisdiana, Reia (2020) PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN GIRIMULYO KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Reia Litalisdiana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar se-Kecamatan Girimulyo Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas IV Sekolah Dasar se- Kecamatan Girimulyo sebanyak 303 siswa dengan sampel penelitian sejumlah 173 siswa yang ditentukan dengan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Instrumen pengumpulan data berupa skala kedisiplinan belajar dan skala minat belajar. Instrumen penelitian diuji cobakan kepada 130 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Uji validitas isi menggunakan expert judgement, sedangkan uji validitas konstruk menggunakan analisis faktor. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana. Sebelum melakukan analisis data, dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar berpengaruh signifikan terhadap kedisiplinan belajar siswa, dengan sumbangan sebesar 35,6% dan hasil persamaan regresi adalah Ŷ = 19,288 + 0,354X. Nilai sig dalam uji regresi linear sederhana diperoleh 0,000 (<0,05) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Oleh karena itu pengujian hipotesis penelitian ini terbukti bahwa “Minat belajar berpengaruh signifikan terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar se- Kecamatan Girimulyo Kabupaten Kulon Progo”. Kata kunci : minat belajar, kedisiplinan belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Dec 2020 05:16
Last Modified: 04 Dec 2020 05:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69670

Actions (login required)

View Item View Item