ASOSIASI ANTARA KONEKSI MATEMATIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

Abd., Qohar (2011) ASOSIASI ANTARA KONEKSI MATEMATIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP. Peran ICT untuk Mendukung Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika. ISSN 978-979-17763-3-2

[img]
Preview
Text
Makalah Peserta 3 - Abd. Qohar1.pdf

Download (619kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Makalah ini melaporkan hasil penelitian yang merupakan disain eksperimen perbandingan kelompok statik. Kelompok eksperimen diberi perlakuan berupa pembelajaran reciprocal teaching, sedangkan kelompok kontrol pembelajarannya secara konvensional. Tujuan penelitian yang dilaporkan ini untuk mengetahui asosiasi antara kemampuan koneksi matematis dan komunikasi matematis, serta kemandirian belajar matematika siswa SMP dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan reciprocalteaching. Subyek penelitian ini meliputi 254 siswa kelas 9 SMP di kabupaten Bojonegoro Jawa Timur yang mewakili sekolah level atas, sedang dan bawah. Analisis data dalam pengujian hipotesis digunakan uji Pearson – Chi Kuadrat, dan koefisien kontingensi(C). Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa : terdapat asosiasi yang signifikan antara kemampuan koneksi matematis dan komunikasi matematis dengan nilai koefisien kontingensi sebesar 0,547, antara kemampuan koneksi matematis dan kemandirian belajar matematika dengan nilai koefisien kontingensi adalah 0,205, serta antara kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar matematika siswa dengan nilai koefisien kontingensi adalah 0,316. Kata-kata kunci : asosiasi, koneksi matematis, komunikasi matematis, kemandirian belajar matematika

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > LSM XIX
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi Setyana
Date Deposited: 30 Oct 2012 01:01
Last Modified: 30 Oct 2012 01:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6967

Actions (login required)

View Item View Item