PENGARUH KONSEP DIRI DAN MANAJEMEN DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN DUKUN

Rahayu, Try Retno Ningsih (2020) PENGARUH KONSEP DIRI DAN MANAJEMEN DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN DUKUN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
TRY RETNO NINGSIH RAHAYU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Kemandirian belajar merupakan salah satu perilaku yang harus dimiliki seorang siswa dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh konsep diri secara parsial terhadap kemandirian belajar siswa; 2) mengetahui manajemen diri secara parsial terhadap kemandirian belajar siswa; dan 3) mengetahui pengaruh konsep diri dan manajemen diri secara simultan terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri se- Kecamatan Sanden sebanyak 409 siswa dengan sampel penelitian sejumlah 202 siswa yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Instrumen pengumpulan data berupa skala kemandirian belajar, skala konsep diri, dan skala manajemen diri. Instrumen penelitian diujicobakan kepada 150 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Uji validitas isi menggunakan expert judgement, sedangkan uji validitas konstruk menggunakan analisis faktor. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear ganda. Sebelum melakukan analisis data, dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinieritas, dan uji linieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) konsep diri secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar siswa dengan sumbangan sebesar 17,026%; 2) manajemen diri secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar siswa dengan sumbangan sebesar 14,57%; dan 3) konsep diri dan manajemen diri secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar siswa dengan sumbangan sebesar 31,6%. Kata kunci: kemandirian belajar, konsep diri, manajemen diri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Dec 2020 04:01
Last Modified: 02 Dec 2020 04:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69656

Actions (login required)

View Item View Item