IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PANDOWAN, GALUR, KULON PROGO

Utami, Isnaini Putri (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PANDOWAN, GALUR, KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
ISNAINI PUTRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan dan mengetahui kendala dalam pelaksanaan pendidikan karatker peduli lingkungan di SD N 1 Pandowan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, peserta didik SD N 1 Pandowan dengan narasumber yaitu kepala sekolah, guru, petugas kebersihan dan peserta didik. Objek penelitian yaitu impelentasi pendidikan karakter peduli lingkungan di SD N 1 Pandowan. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman meliputi teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan ditanamkan dengan: 1) berbasis kelas melalui: perencanaan dengan RPP, pelaksanaan dengan mengintegrasikan karakter peduli lingkungan pada pembelajaran, penilaian dengan pengamatan; 2) berbasis budaya sekoalah melalui: nilai karakter yang dikembangkan; branding sekolah; kegiatan rutin seperti piket kelas, jum’at bersih, cuci tangan, pennghematan energi, pengelolaan sampah, pembersihan toilet, dan pembasmian jentik nyamuk; penegakan aturan melalui hal spontan serta penanaman visi misi dan tata tertib; pengkondisian mulai dari sarana prasarana hingga inovasi kantin bebas plastik; keteladanan kepala sekolah dan guru; serta kegiatan ekstrakulikuler pramuka, gotong royong, dan bersih pantai di Pantai Trisik; 3) berbasis masyarakat melalui kerjasama sekolah dengan pihak orang tua serta pihak luar seperti puskesmas dan dinas lingkungan hidup. Kemudian kendala dalam implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan yaitu kesadaran peserta didik yang masih perlu dibimbing, kualitas fasilitas sanitasi kurang maksimal dan lingkungan yang luas. Kata kunci: Pendidikan karakter, peduli lingkungan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:33
Last Modified: 30 Nov 2020 04:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69642

Actions (login required)

View Item View Item