HUBUNGAN PENGUATAN GURU DENGAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI SE-GUGUS TRIHANGGO KECAMATAN GAMPING SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Fitria, Hanis (2020) HUBUNGAN PENGUATAN GURU DENGAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI SE-GUGUS TRIHANGGO KECAMATAN GAMPING SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Hanis Fitria.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguatan guru dengan rasa percaya diri peserta didik kelas III Sekolah Dasar Negeri se-Gugus Trihanggo Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi ex-post facto yang menggunaan instrumen berupa skala penguatan guru dan skala rasa percaya diri. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri se-Gugus Trihanggo Kecamatan Gamping Sleman. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SD Negeri se-Gugus Trihanggo Gamping Sleman yang berjumlah 106. Analisis data dilakukan dengan Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menghasilkan nilai reliabilitas rasa percaya diri sebesar 0,832 dan nilai reliabilitas penguatan guru sebesar 0,890. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif antara penguatan guru dengan rasa percaya diri peserta didik kelas III SD Negeri se-Gugus Trihanggo Kecamatan Gamping Sleman Tahun Ajaran 2019/2020. Hasil analisis variabel rasa percaya diri menunjukkan kategori sedang sebesar 74,5% dan variabel penguatan guru menunjukkan kategori sedang sebesar 72,6%. Hasil uji korelasi menunjukkan rhitung sebesar 0,383 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai korelasi berada direntang rendah antara 0,20-0,399, sedangkan untuk koefisien determinan R2 = 0,3832 = 0,146 berarti penguatan guru berpengaruh (dapat menjelaskan variasi) terhadap perilaku percaya diri sebesar 14,6% sementara sisanya 85,4% percaya diri peserta didik dipengaruhi oleh faktor yang lain. Kata kunci: penguatan guru, rasa percaya diri, sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Nov 2020 07:33
Last Modified: 26 Nov 2020 07:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69627

Actions (login required)

View Item View Item