UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) SISWA KELAS V A SD N PERUMNAS CONDONGCATUR SLEMAN DIY

Nafisha, Arimi Dini Octa (2020) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) SISWA KELAS V A SD N PERUMNAS CONDONGCATUR SLEMAN DIY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Arimi Dini Octa Nafisha.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V A SD Negeri Perumnas Condongcatur Sleman tahun ajaran 2019/2020 dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Jenis penilitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan berkolaborasi antara guru dengan peneliti. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dengan dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V A SD Negeri Perumnas Condongcatur yang berjumlah 28 siswa. Objek penelitian adalah keterampilan berbicara studi melalui langkah-langkah TGT. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes berbicara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif untuk hasil observasi dan deskriptif kuantitatif untuk hasil tes berbicara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V A SD Negeri Perumnas Condongcatur Sleman. Berdasarkan tes pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 5,32 dari 63,46 menjadi 68,78 dan persentase keterampilan berbicara meningkat sebesar 11% dari 39% menjadi 50%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 11,75 dari 68,78 menjadi 80,53, sedangkan persentase keterampilan berbicara meningkat sebesar 39% dari 50% menjadi 89%. Kata Kunci: keterampilan berbicara, kooperatif,team games tournament (TGT)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Nov 2020 06:37
Last Modified: 26 Nov 2020 06:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69625

Actions (login required)

View Item View Item