PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJAR’AN MONOPOLI TEMATIK BERMUATAN IPS TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Kurniawati, Isnaeni Arum (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJAR’AN MONOPOLI TEMATIK BERMUATAN IPS TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Isnaeni Arum K.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran monopoli tematik tema peristiwa dalam kehidupan untuk siswa kelas V SD. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan. Prosedur pengembangan pada penelitian ini mengadaptasi dari prosedur penelitian pengembangan R & D dari Thiagarajan, Semmel & Semmel yang disebut dengan model Four-D. Subjek penelitian terdiri dari ahli media dan ahli materi masing- masing satu orang. Uji coba kelompok kecil 12 siswa, dan uji coba lapangan 21 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen evaluasi berupa angket dan analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan secara keseluruhan layak. Kelayakan media dilihat dari hasil akhir validasi ahli media yang termasuk kategori “Baik” dengan skor 4,12. Hasil validasi ahli materi termasuk kategori “Sangat Baik” dengan skor 5. Respon guru termasuk kategori “Baik” dengan skor 3,8. Respon siswa ujicoba pertama termasuk kategori “Baik” dengan skor 4,20 dan ujicoba kedua termasuk kategori “Sangat Baik” dengan skor 4,31. Kata kunci: pengembangan media, media pembelajaran, monopoli.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Nov 2020 06:34
Last Modified: 26 Nov 2020 06:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69624

Actions (login required)

View Item View Item