IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS IBADAH SHOLAT MELALUI PENGEMBANGAN DIRI DI SDIT AR RAIHAN DUSUN KARANGMOJO, DESA TRIRENGGO, KECAMATAN BANTUL

Khristiyaningsih, Indri (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS IBADAH SHOLAT MELALUI PENGEMBANGAN DIRI DI SDIT AR RAIHAN DUSUN KARANGMOJO, DESA TRIRENGGO, KECAMATAN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Indri Khristiyaningsih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter religius aspek ibadah sholat melalui pengembangan diri pada siswa kelas III di SDIT Ar Raihan.' Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan September 2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model Milles dan Huberman yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi pendidikan karakter religius aspek ibadah sholat melalui program pengembangan diri pada kegiatan rutin yaitu sholat dhuha, sholat dhuhur berjamaah, sholat sunnah qabliyah dan ba’diyah rawatib, dan sholat ashar berjamaah. (2) implementasi pendidikan karakter religius aspek ibadah sholat melalui program pengembangan diri pada kegiatan spontan yaitu untuk mengatasi perilaku siswa yang kurang baik antara lain: memberikan nasihat-nasihat setelah sholat, membenarkan gerakan sholat siswa, menegur siswa yang gojek dan kurang fokus saat mengerjakan ibadah sholat, serta mengingatkan agar tidak terlambat mengikuti sholat. (3) implementasi pendidikan karakter religius aspek ibadah sholat melalui program pengembangan diri pada keteladanan yaitu guru ikut melaksanakan sholat dhuhur dan ashar berjamaah, guru melaksanakan sholat dengan fokus dan khusyu’, dan guru menghemat air dan mengantri saat sedang mengambil air wudhu. (4) implementasi pendidikan karakter religius aspek ibadah sholat melalui program pengembangan diri pada pengkondisian lingkungan terdiri dari menyediakan tempat ibadah yang nyaman, menyediakan alat ibadah yang layak, memajang tulisan tentang tata cara wudhu dan sholat yang benar, dan menyediakan tempat wudhu yang bersih dan terpisah. Kata kunci: karakter religius, ibadah sholat, sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Agama
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Nov 2020 06:24
Last Modified: 26 Nov 2020 06:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69623

Actions (login required)

View Item View Item