PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM KARTUN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI RANDUSARI

Rismawati, Widia Cahya (2020) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM KARTUN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI RANDUSARI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Widia Cahya RismawatiI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran menulis karangan narasi dan hasil keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD Negeri Randusari. Keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD Randusari ditingkatkan menggunakan media film kartun. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Randusari yang berjumlah 25 siswa, dengan 16 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Objek penelitiannya yaitu tes menulis karangan narasi. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes unjuk kerja dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes unjuk kerja menulis karangan narasi dan lembar catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dan keterampilan menulis karangan narasis siswa menggunakan media film kartun pada siswa kelas V SD Randusari mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan pada proses dan hasil pembelajaran menulis karangan narasi. Peningkatan proses dapat dilihat dari catatan lapangan selama proses tindakan berlangsung, yaitu partisipasi dan motivasi siswa dalam pembelajaran menggunakan media film kartun, serta keseriusan siswa saat menulis karangan narasi. Peningkatan hasil ditunjukan dari pencapaian nilai rata-rata kelas menulis karangan narasi pada kondisi awal, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata menulis karangan narasi siswa pada kondisi awal sebesar 55,88 pada siklus I meningkat menjadi 65,90 dan pada siklus II meningkat menjadi 74,10. Selain itu, persentase siswa yang memperoleh nilai ≥70 juga mengalami peningkatan. Pada kondisi awal, hanya 3 siswa yang memperoleh nilai ≥70 atau 12%, pada siklus I meningkat menjadi 9 siswa atau 36%, dan pada siklus II menjadi 20 siswa dengan persentase 80%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media film kartun dapat meningkatkan keterampilan menulis karanan narasi siswa kelas V SD Negeri Randusari. Kata kunci: menulis karangan narasi, film kartun, siswa kelas V

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Nov 2020 06:27
Last Modified: 26 Nov 2020 06:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69622

Actions (login required)

View Item View Item