PENINGKATAN KONSENTRASI DAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV SDN JUMOYO 4 SALAM

Rini, Eri Susilo (2020) PENINGKATAN KONSENTRASI DAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV SDN JUMOYO 4 SALAM. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Eri Susilo Rini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas IV SDN Jumoyo 4 Salam Magelang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitiaan siswa kelas IV SDN Jumoyo 4 Salam yang berjumlah 27 siswa. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah sebanyak >75% siswa kelas IV SDN Jumoyo 4 Salam mencapai KKM dan konsentrasi belajar siswa minimal berada pada kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan konsentrasi dan hasil belajar IPS setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Konsentrasi belajar seluruh siswa pada pra tindakan berada pada kategori rendah dengan perolehan rata-rata skor 15,89. Pada siklus I rata-rata skor perolehan meningkat menjadi 29,35 dengan 17 siswa berada pada kategori konsentrasi tinggi, dan pada siklus II meningkat kembali rata-rata skor perolehan menjadi 32,85 dengan 6 siswa berada pada kategori konsentrasi sangat tinggi dan 15 siswa kategori konsentrasi tinggi. Selanjutnya, hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan 17 siswa(63%) telah mencapai KKM dengan rata-rata 78,15. Pada siklus II perolehan rata-rata meningkat menjadi 83,89 dengan 23 siswa (85%) memperoleh nilai ≥ 75 (KKM). Kata Kunci: konsentrasi belajar, hasil belajar IPS, Numbered Heads Together

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Nov 2020 06:05
Last Modified: 26 Nov 2020 06:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69620

Actions (login required)

View Item View Item