UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS III A SD NEGERI PANGGANG SEDAYU TAHUN AJARAN 2019/2020

Shafira, Indah (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS III A SD NEGERI PANGGANG SEDAYU TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Indah Shafira.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika dan proses pembelajaran menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas III A SD Negeri Panggang, Sedayu Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan model Kemmis & Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas III A SD Negeri Panggang, Sedayu yang berjumlah 24 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes dan lembar observasi. Validasi instrumen dilakukan melalui expert judgement. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Adapun kriteria keberhasilan adalah minimal 75% dari jumlah siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 75, skor aktivitas guru dan siswa yang diperoleh lebih dari 80% dengan klasifikasi baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas III A SD Negeri Panggang, Sedayu. Peningkatan hasil tes kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siklus I dan II 27,27% yakni sebanyak 16 siswa (72,72%) menjadi 22 siswa (100%) yang mencapai nilai KKM dari jumlah siswa seluruhnya yaitu 24. Peningkatan proses pembelajaran dapat dilihat dari hasil observasi pada siklus I dan II menunjukkan peningkatan partisipasi aktif guru dari 64,77% hingga mencapai 84,08%. Sedangkan, peningkatan partisipasi aktif siswa pada siklus I ke siklus II dari 65,68% menjadi 82,94%. Kata kunci: kemampuan menyelesaikan soal cerita, model pembelajaran contextual teaching learning.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Nov 2020 06:08
Last Modified: 26 Nov 2020 06:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69619

Actions (login required)

View Item View Item