PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH IPA PADA SISWA KELAS V SD N PERCOBAAN 3

Hapsari, Kunthi Garbharatri Hanggalih Prabaning Dyah (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH IPA PADA SISWA KELAS V SD N PERCOBAAN 3. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Kunthi Garbharatri Hanggalih Prabaning Dyah Hapsari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA, (2) pengaruh model PBL terhadap sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA, serta (3) pengaruh PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiments) dengan pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Percobaan 3 tahun ajaran 2019/ 2020 yang berjumlah 2 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil sampling, diketahui bahwa yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas V A dan kelas kontrol adalah kelas V B. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan berpikir kritis berbentuk uraian dan angket sikap ilmiah. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji Shapiro wilk, uji homogenitas secara univariat menggunakan independent t-test dan paired sample, dan secara multivariate menggunakan Multivariate Analysis Of Variance (MANOVA) dengan rumus T2 Hotteling. Data dianalisis dengan independent t-test, paired sample, dan uji MANOVA dengan rumus T2 Hotteling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) PBL berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis dengan nilai signifikansi posttest berpikir kritis uji t- independen sebesar 0,001. (2) PBL berpengaruh positif terhadap sikap ilmiah dengan nilai signifikansi posttest sikap ilmiah uji t-independen sebesar 0,000. (3) PBL berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah dengan melakukan pengujian analisis multivariate dengan Hotteling’s Trace yang memiliki nilai sigifikansi 0,000. Keseluruhan uji dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model PBL berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah pada pembelajaran IPA kelas V SD Negeri Percobaan 3. Kata kunci: PBL, kemampuan berpikir kritis, sikap ilmiah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Nov 2020 06:00
Last Modified: 26 Nov 2020 06:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69618

Actions (login required)

View Item View Item