UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGJATI SLEMAN

Nugrahani, Dinda Bekti (2020) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGJATI SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Dinda Bekti Nugrahani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan penerapan PJBL dalam meningkatkan motivasi belajar IPA pada siswa kelas IV SD N Karangjati Sleman. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian PTK yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2019-2020. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Karangjati Sleman. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 28 siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dam Mac Taggart dengan pelaksanaan kolaborasi guru kelas. pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran PjBL dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus yang setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Model pembelajaran PjBL dilakukan secara berkelompok yang membuat siswa aktif dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan kegiatan pembuatan produk yang dilakukan dengan langkah-langkah: merancang pertanyaan mendasar, menyusun rencana pembuatan produk, menjalankan pembuatan produk, memantau perkembangan pembuatan produk, penilaian hasil produk, evaluasi. Produk yang dihasilkan siswa pada siklus I adalah membuat mind map, sedangkan pada siklus II, membuat rangkaian listrik. Penerapan model pembelajaran PjBL terdapat peningkatan presentase observasi motivasi belajarsiswa dari siklus I ke siklus II yaitu 46,15% menjadi 80,76 %. Kemudian terdapat peningkatan presentase angket motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu 71,44% menjadi 92,58%. Kata kunci: Motivasi, Project Based Learning.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Nov 2020 05:51
Last Modified: 26 Nov 2020 05:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69617

Actions (login required)

View Item View Item