UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DAN SIKAP KERJA SAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA SISWA KELAS V SD N TLOGOADI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Widyasari, Astri (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DAN SIKAP KERJA SAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA SISWA KELAS V SD N TLOGOADI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Astri Widyasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif IPA dan sikap kerja sama siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas V SD N Tlogoadi. Aspek hasil belajar IPA yang diukur adalah hasil belajar kognitif yang meliputi aspek memahami, memahami, menerapkan, dan menganalisis. Aspek sikap kerja sama yang diteliti adalah; kemampuan musyawarah, dinamika kelompok, dan menjalankan tanggung jawab. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subyek penelitian siswa kelas V SD N Tlogoadi yang berjumlah 37 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Penelitian menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (persiapan dan pembagian kelompok, membagikan bahan ajar, belajar, ujian, refleksi). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan penerapan model TAI dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan sikap kerja sama siswa. Pada pra siklus rata-rata hasil belajar IPA siswa 68,05 dan persentase rata-rata sikap kerja sama 66,67%. Setelah dilaksanakan siklus I, rata-rata hasil belajar IPA menjadi 70,81, dan sikap kerja sama 73,18%. Pada siklus II rata-rata hasil belajar IPA mencapai 77,29 dan telah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian, rata-rata sikap kerja sama siswa mencapai 89,18%. Peningkatan tersebut dikarenakan perbaikan berupa kegiatan percobaan dilakukan oleh masing-masing kelompok, pembagian tanggung jawab dan tugas kelompok, memberikan ujian pada akhir pertemuan, memotivasi siswa untuk percaya diri, LKS menekankan pada analisis masalah, dan memperbaiki hubungan antarsiswa. Kata kunci: Hasil Belajar IPA, Sikap Kerja Sama, Team Assisted Individualization

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Nov 2020 05:47
Last Modified: 26 Nov 2020 05:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69616

Actions (login required)

View Item View Item