Pengembangan Model Intervensi Berbasis Aplikasi Android ‘H.O.P.E’ Untuk Pembentukan Identitas Diri Domain Karir Berdasarkan Lapisan Mikrosistem Orang Tua pada Remaja Akhir di Yogyakarta.

Wahyudi, Chalida Ghrya and Sanyata, Sigit (2020) Pengembangan Model Intervensi Berbasis Aplikasi Android ‘H.O.P.E’ Untuk Pembentukan Identitas Diri Domain Karir Berdasarkan Lapisan Mikrosistem Orang Tua pada Remaja Akhir di Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-chalida ghrya wahyudi-17713251030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui status identitas karir pada remaja akhir di Y ogyakarta, 2) menghasilkan sebuah model intervensi pembentukan status identitas diri pada domain karir remaja akhir di Yogyakarta yang layak (3) mengetahui efektivitas penggunaan model intervensi pembentukan identitas diri pada domain karir remaja akhir di Yogyakarta yang berbasis aplikasi Android. Aplikasi tersebut diberi nama H.O.P.E (Help Occupation Performance Effectively). Penelitian ini merupakan penelitian research and development (RnD). Model penelitian yang digunakan dalam pengembangan penelitian ini adalah menggunakan model 4D (Four-D). Subjek penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria remaja akhir di Yogyakarta yang berusia antara 18-22 tahun. Sebanyak 11 orang subjek ditentukan untuk uji coba terbatas dan 47 orang subjek untuk uji coba efektivtas. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen skala serta angket. Analisis data skor menggunakan skala Likert dan mean hipotetik dan analisis data statistik pada uji efektivitas mengguanakan uji normalitas K-S dan Paired sample T-Test. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) status identitas diri pada domain karir remaja akhir di Yogyakarta sebanyak 92% mencapai status identitas achievement, sebanyak 6% mencapai status identitas moratorium, sebanyak 1% mencapai status identitas diffuse, dan tidak ada remaja akhir yang mencapai status identitas forclosure. (2 hasil uji kelayakan ahli materi mencapai 84,4%, sehingga dapat dikatakan bahwa model intervensi pembentukan status identitas diri pada doamain karir, layak untuk digunakan. Sementara itu pada uji kelayakan ahli media mencapai 88,15 % dan uji kelayakan pada subjek terbatas mencapai 79%, sehingga disimpulkan bahwa model intervensi berbasis android, layak untuk digunakan. 3) ada perbedaan rata-rata antara skor aspek eksplorasi dan skor komitmen pada tahap pre-test dengan post-test. Sehingga disimpulkan bahwa model intervensi yang dikembangkan oleh peneliti, efektif digunakan untuk melakukan pembentukan identitas diri pada domain karir.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Intervensi, Status Identitas Karir, Generasi Z, Aplikasi Android
Subjects: Pendidikan > Bimbingan
Pendidikan > Konseling
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Dec 2020 03:39
Last Modified: 08 Nov 2021 04:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69612

Actions (login required)

View Item View Item