Hubungan Kepercayaan Diri, Motivasi, dan Kecemasan dengan Performa Puncak Atlet Bulutangkis Remaja di Daerah Istimewa Yogyakarta

MUTHIARANI, AHIRIAH (2020) Hubungan Kepercayaan Diri, Motivasi, dan Kecemasan dengan Performa Puncak Atlet Bulutangkis Remaja di Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
TESIS AHIRIAH MUTHIARANI_18711251074.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan peak performance, hubungan motivasi dengan peak performance, hubungan kecemasan dengan peak performance, dan hubungan antara kepercayaan diri, motivasi dan kecemasan secara bersamaan dengan peak performance atlet bulutangkis remaja di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian ex-post facto. Penelitian ini dilakukan di klub bulutangkis yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sampel yang digunakan adalah 102 atlet remaja. teknik pengumpulan data menggunakan skala kepercayaan diri, motivasi, kecemasan, dan peak performance. Teknik validitas instrumen menggunakan validitas isi mengacu pada rumus Gregory dan reliabilitas berdasarkan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda pada taraf signifikan 0,05. Ada hubungan positif yang signifikan antara kepercayaan diri dan peak performance pada atlet bulutangkis remaja (β = 0,321 dan t hitung sebesar 3.721 > dari t-table 1.660 pada taraf signifikan 5%). Ada hubungan positif yang signifikan antara motivasi dan peak performance atlet bulutangkis remaja (β = 0,301 dan t hitung sebesar 3,361 > dari t-tabel 1,660 pada taraf signifikan 5%) Ada hubungan negatif yang signifikan antara kecemasan dan peak performance atlet bulutangkis remaja (β = -0,426 dan t hitung sebesar -6,097 < dari t-table -1,660 pada taraf signifikan 5%). Ada hubungan antara kepercayaan diri, motivasi, kecemasan dan peak performance atlet bulutangkis remaja (F hitung > dari F tabel yaitu 43.461 > 2,70 pada tingkat signifikan 5%). Kontribusi kepercayaan diri, motivasi, dan kecemasan terhadap peak performance atlet bulutangkis remaja adalah 57,1%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kepercayaan diri, motivasi, kecemasan, peak performance
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Nov 2020 07:59
Last Modified: 23 Nov 2020 07:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69604

Actions (login required)

View Item View Item