Perbedaan Respon Antara Sport Massage dan Swedish Massage dengan Variasi Tekanan Massage terhadap Kecepatan Lari pada Atlet Atletik Popda Sleman.

RINI, RIZA GALIH MUSTIKA (2020) Perbedaan Respon Antara Sport Massage dan Swedish Massage dengan Variasi Tekanan Massage terhadap Kecepatan Lari pada Atlet Atletik Popda Sleman. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
final Naskah Tesis - Riza Galih Mustika Rini - 16711251004 -.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan performa atlet dari aspek fisiologis dengan mengetahui perbedaan respon antara sport massage dan swedish massage dengan variasi tekanan (ringan, sedang, dan berat) pada tungkai bagian belakang terhadap kecepatan lari 30 m. Penelitian ini merupakan eksperimen semu. Subjek penelitian adalah atlet atletik POPDA Sleman. Sampel penelitian ini berjumlah 20 dan dibagi secara matching pair dengan tujuan kedua kelompok mendapatkan kekuatan yang seimbang. Treatment yang digunakan adalah sport massage dan swedish dengan tiga jenis tekanan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh/respon yang baik dari jenis treatmen sport massage dengan tekanan sedang. Hal ini dibuktikan dengan hasil peningkatan catatan waktu dengan rata-rata 0,36 detik. Tekanan ringan peningkatan catatan waktu dengan rata-rata 0,28 detik. Tekanan berat peningkatan catatan waktu dengan rata-rata 0,04 detik. Terdapat perbedaan pengaruh/respon yang kurang baik dari jenis treatmen swedih massage dengan semua jenis tekanan, karena memberikan respon penurunan waktu daripada pretest. Hal ini dibuktikan dengan penurunan waktu rata-rata 0,16 detik pada tekanan ringan, penurunan waktu rata-rata 0,24 detik pada tekanan sedang, dan penurunan waktu 0,34 detik pada tekanan berat

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kecepatan lari, sport massage, swedish massage, tekanan massage
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Nov 2020 07:25
Last Modified: 23 Nov 2020 07:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69603

Actions (login required)

View Item View Item