PERMAINAN COLORFUL BALLS RUN BERBASIS TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING UNTUK ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SDLB N 2 YOGYAKARTA

Adisasongko, Akhmad Khumar Realita (2020) PERMAINAN COLORFUL BALLS RUN BERBASIS TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING UNTUK ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SDLB N 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSIOKK.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model permainan colorful balls run berbasis Teaching Games for Understanding pada anak tunagrahita ringan di SDLB N 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan metode yang dikembangkan oleh Sugiyono. Langkah-langkah yang digunakan terdiri atas: (1) potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba skala kecil, (7) revisi produk, (8) uji coba skala besar. Subjek uji coba skala kecil sebanyak 2 peserta didik, dan subjek uji coba skala besar sebanyak 6 peserta didik kelas IV-VI di SDLB N 2 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data untuk menggali potensi masalah dengan observasi dan wawancara. Pengembangan produk melalui teknik pengumpulan data angket. Instrumen penelitian menggunakan angket validasi produk oleh ahli materi, dan guru penjasorkes. Teknik analisis data menggunakan analisis data desktiptif kuantitatif dalam bentuk persentase dan dimasukan kedalam penilaian Sugiyono untuk memperoleh kategori dari produk yang dikembangkan. Hasil penelitian dan pengembangan ini diperoleh menghasilkan produk berupa permainan colorful balls run berbasis Teaching Games for Understanding pada anak tunagrahita ringan di SDLB N 2 Yogyakarta. Persentase penilaian dari permainan colorful balls run berbasis Teaching Games for Understanding ini dinilai oleh para ahli 1 skor rerata 100% dengan kategori “sangat baik”, ahli 2 skor rerata 94,31% dengan kategori “sangat baik”, ahli 3 skor rerata 100% dengan kategori “sangat baik”, dan jumlah persentase dari ahli 1, ahli 2, dan ahli 3 yaitu 98,1%. Berdasarkan penilaian yang diberikan oleh para ahli menunjukan bahwa permainan colorful balls run berbasis Teaching Games for Understanding tersebut layak untuk digunakan mengajar tunagrahita ringan. Penelitian dan pengembangan ini disajikan dalam bentuk buku.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Yuyun Ari Wibowo, M.Or.
Uncontrolled Keywords: pendidikan jasmani adaptif
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > PGSD Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 20 Nov 2020 07:24
Last Modified: 20 Nov 2020 07:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69594

Actions (login required)

View Item View Item