PENERAPAN PERMAINAN KATAK BERBURU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN JUMPSMASH PESERTA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS SMP N 2 PLAYEN

Setyadi, Dhoni Kurniawan (2020) PENERAPAN PERMAINAN KATAK BERBURU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN JUMPSMASH PESERTA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS SMP N 2 PLAYEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_dhoni kurniawan setyadi_13601244051.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan permainan katak berburu untuk meningkatkan kemampuan jumpsmash peserta ekstrakurikuler bulutangkis SMP N 2 Playen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pre- eksperimental dengan bentuk eksperimen pretest-postest group design yaitu eksperimen yang dilakukan hanya pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta esktrakurikuler Bulutangkis SMP N 2 Playen yang berjumlah 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan total sampling, teknik pengambilan sampel dimana semua individu dalam populasi baik secara sendiri-sendiri atau bersama-sama diberi kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai anggota sampel . Sampel berjumlah 30 atlet putra. Item tes yang akan digunakan untuk penelitian kemampuan jump smash oleh Saleh Anasir (2010:27) ini memiliki validitas 0,926 dari critrion round robin tournament dan reliabilitas 0,90 dari test-retest. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan permainan katak berburu terhadap peningkatan kemampuan jump smash peserta ekstrakurikuler bulutangkis SMP N 2 Playen”, dengan nilai t hitung 6,928 > ttabel (0,05)(29) 2,045, nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan kenaikan persentase sebesar 41,81%, sehingga Ha diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Drs. Amat Komari, M.Si.
Uncontrolled Keywords: bulutangkis
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 20 Nov 2020 01:27
Last Modified: 20 Nov 2020 01:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69585

Actions (login required)

View Item View Item