PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN DENGAN TEKNIK PENUGASAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PADA PESERTA DIDIK SMA DI KABUPATEN NUNUKAN

Lutfi, Muh. Husriady Agus (2020) PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN DENGAN TEKNIK PENUGASAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PADA PESERTA DIDIK SMA DI KABUPATEN NUNUKAN. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
FULL TESIS MUH HUSRIADY AGUS LUTFI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan evaluasi pembelajaran dengan teknik penugasan menggunakan media pembelajaran berbasis video. Hasilnya diharapkan dapat memudahkan guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran yang lebih baik, dengan bertitik tolak pada prinsip-prinsip umum evaluasi, yakni kontinuitas, komprehensif, adil dan objektif, kooperatif, dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, yang menggunakan langkah-langkah penelitian dan pengembangan level 4 yang meliputi enam langkah: (1) pengumpulan informasi, (2) desain produk, (3) validasi desain dan revisi desain, (4) uji coba produk dan revisi produk, (5) uji coba pemakaian dan revisi produk, dan (6) diseminasi dan implementasi. Uji coba produk awal dilakukan di SMAN 2 Nunukan dan uji coba pemakaian dilakukan di SMAN 1 Nunukan, SMAN 1 Nunukan Selatan, SMAN 1 Sebatik, SMAN 1 Sebatik Tengah, dan SMKN 1 Nunukan. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan dari validasi secara keseluruhan diperoleh skor sebesar 92% yang berarti desain produk temasuk dalam kategori “layak”. Hasil uji coba produk mendapatkan skor sebesar 94% dan pada uji coba pemakaian mendapatkan skor sebesar 88%. Meskipun pada uji coba pemakaian mengalami penurunan persentase, nilai yang diperoleh masih berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan dinyatakan “layak” untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Yustinus Sukarmin, M.S.
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Nov 2020 08:46
Last Modified: 18 Nov 2020 08:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69576

Actions (login required)

View Item View Item