Evaluasi Program Pelayanan Pendidikan Anak Jalanan di Yayasan Rumah Impian Yogyakarta.

Haryoni, Aulia Ninda and Hermawati, Istiana (2019) Evaluasi Program Pelayanan Pendidikan Anak Jalanan di Yayasan Rumah Impian Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-aulia-ninda-haryoni-17701251001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pelayanan pendidikan Anak Jalanan di Yayasan Rumah Impian Yogyakarta. Evaluasi dilakukan untuk melihat bagaimana karakteristik anak jalanan yang ada di Yayasan Rumah Impian Yogyakarta, bagaimana model pelayanan pendidikan yang dilakukan, melihat sejauhmana efektivitas program pelayanan pendidikan untuk anak jalanan. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi. Model evaluasi yang digunakan adalah CIPP (context, input, process, dan product). Subyek dalam penelitian ini 115 orang yang terdiri dari pengelola 10 orang, 30 pendamping, dan 75 anak jalanan. Instrumen penelitian berupa angket dengan skala Likert, lembar Observasi, dan Pedoman Wawancara. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dengan formula Aiken‟s V dan validitas konstruk dari hasil instrumen. Reliabilitas yang digunakan uji Cronbach Alpha. Teknik analisis data kuantitatif dilakukan dengan program SPSS 20.0 dan kualitatif dilakukan dengan codding. Hasil penelitian menunjukan, bahwa; 1) Karakteristik anak jalanan yang ada di Yayasan Rumah Impian didominasi oleh perempuan yaitu 58,6% dan persentasi terbanyak 74,7% berasal dari Yogyakarta (Tukangan, Ngemplak, Wonocatur, Sidomulyo, dan Jogoyudan) dan 36% orangtua mereka bekerja sebagai jasa serabutan; 2) Model pelayanan pendidikan yang dilakukan adalah model fun learning dengan fokus pembelajaran tertuju pada pengetahuan umum yang dapat menstimulasi kemandirian dan juga kreativitas anak jalanan; 3) Hasil evaluasi program pelayanan pendidikan menunjukkan, bahwa pada aspek context tingkat efektivitas keberhasilan berada pada kriteria tinggi yaitu 76,65%, aspek input menunjukkan tingkat efektivitas keberhasilan berada pada kriteria tinggi yaitu 83,8%, selanjutnya pada aspek process tingkat efektifitas keberhasilan menempati kriteria tinggi dengan nilai 68,2%, dan pada aspek product tingkat efektivitas keberhasilan program menempati kriteria tinggi dengan nilai 68%. Faktor pendukung Yayasan Rumah Impian dalam menjalankan programnya adalah adanya kerja tim antara pengelola dan pendamping serta kedekatan mereka dengan anak jalanan yang mampu membangun rasa saling percaya untuk mewujudkan impian. Sedangkan faktor penghambat yang dialami Yayasan Rumah Impian adalah kurang lengkapnya sarana dan prasarana pendukung kegiatan pelayanan pendidikan, dan masih ditemui beberapa orangtua yang tidak mendukung anaknya untuk melakukan kegiatan bersama dengan Yayasan Rumah Impian.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, model CIPP, anak jalanan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Nov 2020 04:44
Last Modified: 26 Oct 2021 07:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69571

Actions (login required)

View Item View Item