Pengelolaan Perawatan dan Perbaikan Peralatan Bengkel Praktik Berbasis Industri Jurusan Teknik Pemesinan SMK di Kota Yogyakarta.

Aritonang, Ridho and Sukardi, Thomas (2019) Pengelolaan Perawatan dan Perbaikan Peralatan Bengkel Praktik Berbasis Industri Jurusan Teknik Pemesinan SMK di Kota Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengukur kualitas tingkat pengelolaan perawatan dan perbaikan peralatan bengkel yang ada di SMK dengan berbasis Industri; (2) mendeskripsikan pelaksanaan maintenance didalam pengelolaan peralatan bengkel yang ada di SMK; dan (3) mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat dari pengelolaan perawatan dan perbaikan peralatan bengkel pada SMK. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian survei. Penelitian ini dilakukan di empat SMK Keahlian Teknik Pemesinan dan yang dijadikan potret adalah PT. MAK. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Kuesioner digunakan untuk mengukur tingkat pengelolaan perawatan dan perbaikan peralatan bengkel teknik pemesinan terkait perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan. Wawancara digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai pengelolaan perawatan dan perbaikan peralatan bengkel teknik pemesinan. Dokumentasi digunakan untuk menganalisis dokumen, gambar, arsip dan benda tertulis yang berhubungan dengan obyek penlitian dari pengelolaan perawatan dan perbaikan peralatan bengkel teknik pemesinan. Teknik analisis data kuantitatif yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat pengelolaan perawatan dan perbaikan peralatan bengkel yang sudah dilakukan di SMK masuk dalam kategori baik dengan perincian pencapaian setiap aspek diantaranya: (a) Perencanaan SMK mempunyai kualitas baik; (b) Pelaksanaan SMK mempunyai kualitas baik; (c) Pengawasan SMK mempunyai kualitas baik. (2) Pelaksanaan maintenance pengelolaan bengkel berstandar Industri yang sudah dilakukan di SMK diantaranya: (a) Melakukan pemeriksaan rutin berkala (Inspection); (b) Melakukan pembersihan rutin berkala (cleaning); (c) Melakukan pengecekan atau penggantian minyak pelumas pada transmisi; (d) Melakukan pengecekan atau penggantian colant; (e) Melakukan perawatan dan perbaikan alat-alat sayat; (f) Melakukan perawatan berjalan (Running Maintenance) seperti pembersihan, pemeriksaan, dan penyetelan; (g) Selalu melakukan (shutdown maintenance) ketika mesin tidak digunakan lagi. (3) Faktor yang menjadi penghambat dari pengelolaan perawatan dan perbaikan peralatan bengkel diantaranya: (a) Keterbatasan teknisi untuk melaksanakan perawatan dan perbaikan; (b) Kurangnya ketertipan siswa dalam melaksanakan perawatan dan perbaikan; (c) Kegiatan perawatan yang belum sesuai dengan jadwal; (d) Laporan pelaksanaan yang sering kali diabaikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Perawatan dan Perbaikan, Bengkel Praktik Teknik Pemesina
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Nov 2020 03:30
Last Modified: 16 Nov 2020 03:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69555

Actions (login required)

View Item View Item