PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN DI SEKOLAH DAERAH KHUSUS (SEKOLAH DASAR INPRES TIOM LANNY JAYA PAPUA)

Fitri, Dinda Annisa (2021) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN DI SEKOLAH DAERAH KHUSUS (SEKOLAH DASAR INPRES TIOM LANNY JAYA PAPUA). S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_dinda annisa fitri_17601241016.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dilaksanakan di sekolah daerah khusus (Sekolah Dasar Inpres Tiom, Lanny Jaya, Papua). Diharapkan, hasil dari penelitian ini dapat dijadikan salah satu rekomendasi atau dasar pertimbangan dalam upaya pengembangan PJOK di sekolah dasar Inpres Tiom. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini adalah satu guru PJOK di Sekolah Dasar Inpres Tiom. Proses pengumpulan data sepenuhnya dilakukan melalui proses wawancara mendalam jarak jauh (deep interview). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Human Instrumen yang dilengkapi dengan protokol wawancara dan alat perekam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran PJOK di sekolah daerah khusus Sekolah Dasar Inpres Tiom belum dapat berhasil dilaksanakan dengan optimal. Terdapat hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran PJOK di SD Inpres Tiom, yang mengakibatkan pelaksanaan pembelajaran belum dapat berhasil secara optimal. Pelaksanaan pembelajaran PJOK terhambat oleh geografis sekolah yang berada di pegunungan, rasisme warna kulit, kurangnya sarana prasarana, kurangnya kesadaran peserta didik akan pentingnya bersekolah, dan tujuan pembelajaran yang belum dapat terlaksana. Dalam pelaksanaan pembelajaran PJOK di SD Inpres Tiom, guru merupakan unsur terpenting. Guru harus mampu memodifikasi pembelajaran, walaupun memiliki beberapa hambatan. Tujuannya agar pembelajaran pendidikan jasmani di SD Inpres Tiom tetap berjalan, dan peserta didik mau untuk bergerak, beraktivitas, dan berolahraga.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Caly Setiawan, M.S., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: pelaksanaan, pembelajaran, PJOK, daerah khusus
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Oct 2021 04:05
Last Modified: 25 Oct 2021 04:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69552

Actions (login required)

View Item View Item