PENGARUH LATIHAN SQUAT DAN PANJANG TUNGKAI TERHADAP PENINGKATKAN POWER TUNGKAI PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMA NEGERI 1 SEDAYU

Deviani, Putri (2020) PENGARUH LATIHAN SQUAT DAN PANJANG TUNGKAI TERHADAP PENINGKATKAN POWER TUNGKAI PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMA NEGERI 1 SEDAYU. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
TESIS_PUTRI DEVIANI_18711251064.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh antara latihan squat barbell dan squat resistance band terhadap peningkatan power tungkai. (2) Perbedaan pengaruh antara pemain yang memiliki panjang tungkai tinggi dan panjang tungkai rendah terhadap peningkatan power tungkai. (3) Interaksi antara latihan squat barbell dan squat resistance band dengan panjang tungkai (tinggi dan rendah) terhadap peningkatan power tungkai peserta ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri 1 Sedayu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri 1 Sedayu yang berjumlah 38 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling, kemudian dilakukan oradinal pairing untuk membagi tiap kelompoknya. Instrumen untuk mengukur panjang tungkai menggunakan meteran dan power tungkai menggunakan vertical jump. Teknik analisis data yang digunakan yaitu ANAVA two way. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan squat barbell dan squat resistance band terhadap peningkatan power tungkai peserta ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri 1 Sedayu, dengan nilai F 65,789 dan nilai signifikansi p 0,000 < 0,05. Kelompok latihan squat resistance band lebih tinggi (baik) dibandingkan dengan kelompok latihan squat barbell dengan selisih rata-rata 2,5. (2) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pemain yang memiliki panjang tungkai tinggi dan panjang tungkai rendah terhadap peningkatan power tungkai peserta ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri 1 Sedayu, terbukti nilai F 38,000 dan nilai signifikansi p 0,000 < 0,05. Pemain yang memiliki panjang tungkai tinggi lebih tinggi (baik) dibandingkan dengan pemain yang memiliki panjang tungkai rendah dengan selisih rata-rata sebesar 1,90. (3) Ada interaksi yang signifikan antara latihan squat barbell dan squat resistance band dan panjang tungkai (tinggi dan rendah) terhadap peningkatan power tungkai peserta ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri 1 Sedayu, dengan nilai F 88,256 dan nilai signifikansi p 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ahmad Nasrulloh, M.Or.
Uncontrolled Keywords: bola voli
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 Nov 2020 08:35
Last Modified: 16 Dec 2020 07:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69551

Actions (login required)

View Item View Item