Pengembangan Permainan Berbasis Persepsi Kinestetik Untuk Meningkatkan Persepsi Kinestetik, Kecerdasan Bermain, Kerjasama Anak Sekolah Dasar.

SYAHPUTRI, AULIA MARIS (2020) Pengembangan Permainan Berbasis Persepsi Kinestetik Untuk Meningkatkan Persepsi Kinestetik, Kecerdasan Bermain, Kerjasama Anak Sekolah Dasar. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Naskah Tesis Aulia Maris Syahputri.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran permainan berbasis persepsi kinestetik untuk meningkatkan persepsi kinestetik, kecerdasan bermain, kerjasama anak sekolah dasar. Model pembelajaran permainan berbasis persepsi kinestetik disesuaikan dengan aspek pertumbuhan dan perkembangan peserta didik yang dikemas melalui pengolahan anggota gerak tubuh yang difokuskan pada ranah psikomotor yang terdiri dari rangkaian gerak dasar lokomotor, manipulatif, non-manipulatif, kognitif kecerdasan bermain, dan efektif kerjasama. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research & development), yaitu metode deskriptif, evaluatif dan eksperimental. Metode penelitian ini digunakan untuk menghasilkan sebuah produk, yaitu model pembelajaran permainan berbasis persepsi kinestetik anak usia 7-8 tahun setara siswa kelas bawah sekolah dasar. Prosedur pengembangan: (1) mengumpulkan hasil riset dan informasi, (2) menganalisis terhadap produk yang akan dikembangkan, (3) mengembangkan produk awal, (4) melakukan validasi ahli, (5) melakukan uji coba skala kecil dan revisi, (6) melakukan uji coba skala besar dan revisi, (7) membuat produk final, dan (8) melakukan uji keefektifan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik sekolah dasar kelas 1. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Uji efektifitas produk akhir menggunakan eksperimen one group pretest- posttest design. Hasil penelitian ini berupa model pembelajaran permainan berbasis persepsi kinestetik untuk meningkatkan persepsi kinestetik, kecerdasaran bermain, kerjasama anak sekolah dasar yang berisikan empat permainan, yaitu (1) Permainan Tembak Sasaran, (2) Permainan Gerbong Kereta, (3) Permainan Benderaku, dan (4) Permainan Rakartugu. Dari hasil penilaian para ahli dan praktisi, model pembelajaran permainan berbasis persepsi kinestetik memiliki validitas 0,963. Model pembelajaran permainan berbasis persepsi kinestetik efektif untuk mengembangkan keterampilan pengolahan anggota gerak tubuh persepsi kinestetik, kecerdasan bermain dan kerjasama.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, persepsi kinestetik, pengolahan tubuh
Subjects: Olahraga > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 04 Nov 2020 06:49
Last Modified: 04 Nov 2020 06:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69518

Actions (login required)

View Item View Item