HUBUNGAN ANTARA FLEKSIBILITAS, KOORDINASI DAN KELINCAHAN DENGAN KEMAMPUAN GROUNDSTROKE PADA PEMAIN JUNIOR TENIS LAPANGAN DI BANJARNEGARA

Azizah, Ainayya Khusnaa (2021) HUBUNGAN ANTARA FLEKSIBILITAS, KOORDINASI DAN KELINCAHAN DENGAN KEMAMPUAN GROUNDSTROKE PADA PEMAIN JUNIOR TENIS LAPANGAN DI BANJARNEGARA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_ainayya khusnaa azizah_17602241078.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fleksibilitas, koordinasi, dan kelincahan dengan kemampuan groundstroke pada pemain junior tenis lapangan di Banjarnegara. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik tes dan pengukuran. Populasi dan sampel yang digunakan sebanyak 10 orang. Intrumen penelitian yang digunakan, yaitu: (1) Tes Fleksibilitas (Sit and Reach Test) (2) Tes Koordinasi Mata-Tangan (Tes Lempar Tangkap Bola Tenis) (3) Tes Kelincahan (Spider Run Test) (4) Tes Kemampuan Groundstroke (Hewitt Tennis Test). Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan yang signifikan antara fleksibilitas (X1) dengan kemampuan groundstroke pemain junior tenis lapangan (Y) dengan rhitung = 0,834 dan rtabel = 0,632 (2) Ada hubungan yang signifikan antara koordinasi (X2) dengan kemampuan groundstroke pemain junior tenis lapangan (Y) dengan rhitung = 0.927 dan rtabel = 0,632 (3) Ada hubungan yang signifikan antara kelincahan (X3) dengan kemampuan groundstroke pemain junior tenis lapangan (Y) dengan rhitung = 0.957 dan rtabel = 0,632 (4) Ada hubungan yang signifikan antara fleksibilitas (X1), koordinasi (X2), dan kelincahan (X3) dengan kemampuan groundstroke pemain junior tenis lapangan (Y) dengan rhitung = 0,974 dan r = 0,949. Kesimpulan yang didapat adalah ada hubungan antara fleksibilitas, koordinasi, dan kelincahan dengan kemampuan groundstroke pemain junior tenis lapangan di Banjarnegara.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Abdul Alim, M.Or.
Uncontrolled Keywords: fleksibilitas, koordinasi, kelincahan, kemampuan groundstroke tenis lapangan
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Oct 2021 03:55
Last Modified: 25 Oct 2021 03:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69515

Actions (login required)

View Item View Item