TANGGAPAN PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMA NEGERI 1 PETANAHAN TAHUN 2021

Pangestu, Yudi (2021) TANGGAPAN PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMA NEGERI 1 PETANAHAN TAHUN 2021. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_yudi pangestu_17601241064.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran jarak jauh mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA Negeri 1 Petanahan tahun 2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan datanya yaitu menggunakan angket melalui google form secara online. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Petanahan yang berjumlah 192 anak. Analisis yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif. Cara perhitungan statistik deskriptif menggunakan statistik deskriptif persentase, oleh karena itu maka bentuk penyajian datanya menggunakan tabel, grafik, diagram, lingkaran, pictogram, perhitungan mean, modus, median, perhitungan desil, persentil, perhitungan penyebaran data perhitungan rata-rata, standar deviasi, dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwasanya tanggapan peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Petanahan terhadap pembelajaran jarak jauh dalam pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan berkategori sangat positif persentase 5,8% atau 11 peserta didik, kategori positif persentase 24,2% atau 46 peserta didik, kategori sedang persentase 45,3% atau 86 peserta didik, kategori negatif persentase 18,9% atau 36 peserta didik, kategori sangat negatif persentase 5,8% atau 11 peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut bisa diartikan bahwa sebagian besar dari peserta didik kelas X di SMA N 1 Petanahan untuk Pendidikan Jasmani dan Olahraga dinyatakan “sedang” oleh karenanya hasil tersebut belum bisa dinyatakan efektif dan belum positif. Hal tersebut bisa dikarenakan Pendidikan Jasmani dan Olahraga merupakan pendidikan yang lebih dominan pada pembelajaran praktik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ermawan Susanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: tanggapan, pembelajaran jarak jauh, PJOK, peserta didik
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Oct 2021 07:39
Last Modified: 25 Oct 2021 07:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69511

Actions (login required)

View Item View Item