UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MELEMPAR BOLA KECIL MELALUI PERMAINAN TARGET SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Adani, Rudito (2020) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MELEMPAR BOLA KECIL MELALUI PERMAINAN TARGET SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
tesis rudito adani.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kemampuan melempar peserta didik kelas V E Sekolah Dasar Unggulan Aisyiyah Bantul masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan melempar bola kecil melalui permainan target peserta didik kelas V E Sekolah Dasar Unggulan Aisyiyah Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V E SD Unggulan Aisyiyah Bantul yang berjumlah 24 siswa terdiri atas siswa putra 14 dan putri 10. Instrumen penelitian, yaitu: lembar observasi penilaian siswa yang terdiri atas penilaian psikomotor, kognitif, dan afektif. Indikator keberhasilan, yaitu hasil belajar kemampuan melempar minimal sebanyak 75% dari total siswa tuntas (KKM 75). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan target dapat meningkatkan hasil belajar kemampuan melempar peserta didik kelas V E Sekolah Dasar Unggulan Aisyiyah Bantul. Hal ini ditunjukkan dari data kemampuan melempar pada siklus I sebesar 70,83% (17 siswa) Tuntas, dan mengalami peningkatan pada siklus II siswa yang Tuntas sebesar 87,50% (21 siswa). Dapat disimpulkan bahwa melalui permainan target dapat meningkatkan ranah kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik kelas V E Sekolah Dasar Unggulan Aisyiyah Bantul.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Pamuji Sukoco, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: bola kecil
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 03 Nov 2020 08:51
Last Modified: 03 Nov 2020 08:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69510

Actions (login required)

View Item View Item