PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA (Studi Kasus terhadap Mata Kuliah Analisis II)

Sugimin, Sugimin (2008) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA (Studi Kasus terhadap Mata Kuliah Analisis II). PROSIDING SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA. ISSN 978-979-16353-1-8 (Unpublished)

[img]
Preview
Text
P-28 Pendidikan(Sugimin UT).pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Mata kuliah Analisis II berisi konsep-konsep yang sangat abstrak sehingga susah untuk memahami materinya. Dari daftar nilai mahasiswa selama 4 (empat) semester terakhir, terlihat bahwa mahasiswa yang mendapatkan nilai D dan E sebesar 47,06% pada masa ujian 2006.1; 54,17% pada masa ujian 2006.2; 83,33% pada masa ujian 2007.1; 80% pada masa ujian 2007.2. Dengan demikian perlu adanya bantuan belajar. Untuk itu penulis melakukan kegiatan bantuan belajar berupa bimbingan belajar. Dalam tulisan ini penulis membahas pengaruh bimbingan belajar terhadap hasil belajar mahasiswa. Hasil belajar mahasiswa ini dilihat dari nilai ujian akhir semester. Bimbingan belajar dilakukan di UT pusat. Bimbingan belajar dilakukan terhadap mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah Analisis II pada masa ujian 2008.1. Metode yang digunakan adalah observasi terhadap kemampuan mahasiswa dalam memahami materi Analisis II, dengan analisis datanya berupa analisis deskriptif. Berdasarkan nilai ujian akhir semester pada masa ujian sebelumnya, terlihat adanya peningkatan hasil belajar mahasiswa terhadap mata kuliah Analisis II. Kata kunci : bimbingan belajar, hasil belajar

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2008
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 30 Oct 2012 01:01
Last Modified: 30 Oct 2012 01:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6950

Actions (login required)

View Item View Item