IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI SMA/SMK/MA SE- KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULONPROGO

Yuda, Faizal (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI SMA/SMK/MA SE- KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULONPROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
FIX Skripsi Faizal Yuda NIM.16601241004.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui capaian implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) berbasis Teknologi Informasi di SMA/SMK/MA se-Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PJOK di SMA/SMK/MA se-Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling berjumlah 4 guru dari perwakilan Kecamatan Pengasih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) berbasis Teknologi Informasi di SMA/SMK/MA se-Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo tergolong dalam kategori baik. Pada perencanaan pembelajaran, guru telah menyusun RPP dengan memuat pendidikan karakter sesuai dengan kondisi pandemic Covid-19. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran, guru memilih menggunakan WhatsApp Group sebagai media pembelajaran dan memberikan bahan ajar melalui media lama di website, video, modul, dan tulisan WhatsApp/ file dengan tetap menyampaikan tujuan dan materi pembelajaran. Pada penilaian dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan, guru tetap menerapkan penilaian sikap yang sesuai dengan karakter yang dikembangkan. Pembelajaran PJOK berbasis teknologi informasi tetap dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi, sesuai dengan kemampuan masing-masing guru PJOK.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan karakter, Pembelajaran berbasis teknologi informasi, PJOK
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 03 Nov 2020 04:14
Last Modified: 03 Nov 2020 04:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69492

Actions (login required)

View Item View Item