KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Kadir, S.Pd., M.Si. (2008) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA. ISSN 978-979-16353-1-8

[img]
Preview
Text
P-27 Pendidikan(Kadir).pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Artikel ini membahas tentang kemampuan komunikasi matematik dan keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran matematika. Kedua kemampuan ini penting dikembangkan karena semakin kompleksnya permasalahan kehidupan yang akan dihadapi siswa pada masa mendatang. Siswa dapat mengatasi masalah tersebut jika mampu menempatkan dirinya secara baik dalam berinteraksi dengan orang lain. Ketika berinteraksi, siswa membutuhkan sikap dan pola pikir yang logis, konsisten dan sistematis. Nilai-nilai ini dapat diperoleh siswa ketika mengikuti pembelajaran matematika. Oleh karena itu, pembelajaran matematika harus dirancang sedemikian rupa sehingga mendorong partisipasi aktif siswa untuk berinteraksi dengan guru, siswa lainnya, dan dengan materi matematika. Interaksi maksimal ketiga komponen ini berdampak pada meningkatnya efektifitas pembelajaran. Pembelajaran dikatakan efektif jika dapat memaksimalkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran sehingga pemahaman, daya serap, dan keterampilan berpikir mereka meningkat. Pembelajaran seperti ini dapat dilaksanakan dengan: (1) pembelajaran kelompok kecil; (2) memberikan masalah yang menarik dan menantang; (3) merancang strategi diskusi untuk dapat memaksimalkan interaksi siswa di kelompok dan di kelas; (4) memberi perhatian kepada siswa yang kurang memiliki keterampilan berbagi, keterampilan berpartisipasi, keterampilan menyusun kata-kata, dan keterampilan mendengar; dan (5) menggunakan teknik scaffolding untuk membimbing siswa memecahkan masalah. Kata kunci: kemampuan komunikasi matematik, keterampilan sosial, pembelajaran matematika yang efektif, interaksi, pembelajaran yang efektif

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2008
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 30 Oct 2012 01:01
Last Modified: 30 Oct 2012 01:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6949

Actions (login required)

View Item View Item